Jumat, 19 April 2013

Interaksi manusia seiring dengan Perkembangan teknologi

Interaksi Manusia seiring dengan

 Perkembangan Teknologi 







Marsha Ayudia


111402104



PRODI S1-TEKNOLOGI INFORMASI

FASILKOM-TI USU

MEDAN

2013






KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga saya masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “ Interaksi manusia seiring dengan perkembangan teknologi”. 

Karya tulis ilmiah ini merupakan salah satu tugas dalam matakuliah Pengantar Psikologi Umum. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada dosen matakuliah Pengantar Psikologi Umum yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi saya. 

Saya menyadari mungkin proses pembuatan karya tulis ilmiah ini masih belum sempurna baik dari materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, saya telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik. Oleh karenanya diharapkan kritik guna penyempurnaan dalam pembuatan karya tulis ilmiah. 

Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam penulisan karya tulis ilmiah ini. Saya berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.






Medan, April 2013 

Penyusun 


DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR 

DAFTAR ISI


BAB I PENDAHULUAN

    1.1 Latar belakang

    1.2 Rumusan Masalah
  
    1.3 Tujuan

BAB II ISI

   2.1 Interaksi manusia dengan Teknologi

   2.2 Penerapan interaksi manusia dengan teknologi

   2.3 Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi 

BAB III PENUTUP

    3.1 kesimpulan

    3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA


BAB I 

PENDAHULUAN 


1.1 Latar belakang

Interaksi manusia dengan teknologi telah banyak terjadi seiring dengan perkembangannya dan dapat terjadi di berbagai bidang misalnya bidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Perkembangan teknologi juga dapat menyelesaikan masalah di dunia nyata, mempengaruhi budaya dan lingkungan sekitar manusia. Dengan adanya teknologi, interaksi manusia dapat dilakukan lebih mudah. Salah satu pengaruh teknologi yaitu teknologi telah mencukupi membawa manusia keluar dari atmosfer bumi dan menjelajahi luar angkasa.

Teknologi diciptakan berdasarkan pengetahuan manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk. Dalam hal ini, teknologi dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Perkembangan Interaksi manusia dengan teknologi juga terus berkembang seperti pada awalnya manusia berinteraksi dengan komputer hanya menggunakan keyboard lalu berkembang menggunakan mouse dan sekarang sudah dapat dilakukan dengan kontrol ujung jari dilayar perangkat contohnya tablet. Perangkat ini bekerja dengan menangkap interaksi manusia yaitu reaksi gerakan jari yang menyentuh layar.

1.2 Rumusan Masalah

- Apakah pengertian manusia dan teknologi ?
- Apakah kegunaan teknologi ?
- Bagaimanakah sejarah interaksi manusia dengan teknologi ?
- Bagaimanakah penerapan interaksi manusia pada teknologi yang berkembang ?

- Apakah dampak positif dan negatif perkembangan teknologi ?

1.3 Tujuan

- Untuk dapat mengetahui pengertian manusia dan teknologi.
- Untuk mengetahui sejarah interaksi manusia dengan teknologi.
- Untuk dapat mengetahui perkembangan interaksi manusia seiring perkembangan teknologi.
- Untuk dapat mempelajari penerapan interaksi manusia dengan teknologi.
- Untuk dapat mengetahui dampak positif dan negatif perkembangan teknologi.



BAB II 

ISI

2.1 Interaksi Manusia dengan Teknologi

Manusia merupakan makhluk hidup yang lebih sempurna apabila dibandingkan makhluk hidup lainnya. Akibat dari unsur kehidupan yang ada pada manusia, manusia berkembang dan mengalami perubahan perubahan, baik perubahan dari segi fisiologis maupun perubahan dari segi psikologis.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat yang sederhana. Pada penemuan prasejarah telah ditemukannya kemampuan interaksi manusia dengan teknologi yaitu mengendalikan api yang dapat dimanfaatkan untuk menyediakan sumber pangan manusia. Selain itu perkembangan teknologi yang ditemukannya yaitu penciptaan roda yang membantu manusia untuk dapat melakukan perjalanan jauh dan untuk membawa barang. Teknologi terbaru seiring dengan teknologi yang terus berkembang pada saat ini contohnya seperti telepon dan internet. Teknologi yang berkembang ini memungkinkan mempermudah manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Teknologi pada saat ini juga dapat diakses dengan mudah dan dapat melakukan penyimpanan digital yang memungkinkan manusia untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan orang – orang diseluruh dunia.

Teknologi juga merupakan alat atau mesin yang dapat meringankan pekerjaan manusia dan dapat menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata seperti dengan adanya berbagai teknologi aplikasi yang dapat membantu dalam berbagai permasalahan manusia seperti contohnya kalkulator yang dapat menyelesaikan masalah perhitungan. Tetapi pada perkembangan teknologi juga terdapat dampak buruk yaitu teknologi digunakan sebagai kejahatan. Hal ini memungkinkan interaksi manusia dengan teknologi dalam konteks buruk. Contohnya Seperti senjata nuklir yang memungkinkan interaksi manusia dengan teknologi yang berdampak buruk terhadap orang lain.

Hubungan interaksi manusia dengan lingkungannya tidak hanya berjalan searah dalam arti hanya teknologi yang mempunyai pengaruh terhadap interaksi manusia. Hubungan antara interaksi manusia dengan teknologi terdapat hubungan saling timbal balik, yaitu teknologi dapat mempengaruhi interaksi manusia. Dan juga sebaliknya interaksi manusia dapat mempengaruhi teknologi.

Saat ini interaksi antara manusia dan komputer berkembang menjadi ekosistem yang kompleks dimana perubahan kecil dapat memiliki konsekuensi yang luas. Pada saat ini teknologi juga telah mengaburkan batas antara kerja dan ruang pribadi. Pada saat ini teknologi memiliki pengaruh besar terhadap interaksi manusia. Penggunaan teknologi yang tidak sesuai dapat menyebabkan tabrakan nilai nilai dasar manusia dan konsep-konsep seperti ruang pribadi, masyarakat, identitas, kemandirian, persepsi, kecerdasan, dan privasi. Kemajuan teknologi ini seharusnya disaring sehingga tidak keluar dari nilai atau norma kehidupan.

2.2 Penerapan interaksi manusia dengan teknologi

Salah satu penerapan interaksi manusia dengan teknologi dikenal dengan singkatan bahasa inggris yaitu AR atau Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented reality hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Benda benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna yaitu manusia dengan indra manusia itu sendiri. Hal ini membuat Augmented reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi pengunaanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan - kegiatan dalam dunia nyata.

Augmented reality dapat diaplikasikan untuk semua indera manusia termasuk pendengaran sentuhan dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang kesehatan, militer,industri manufaktur dan diaplikasikan pada telepon genggam. Dalam hal ini interaksi manusia dengan teknologi terjadi karena adanya stimulus yang mengenai individu dan perilaku atau aktivitas yang merupakan jawaban atau respon terhadap stimulus yang mengenai individu tersebut.

2.3 Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi

Penggunaan teknologi seiring dengan perkembangannya sulit untuk dapat diatur dengan baik karena memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak Negatif teknologi yang mempengaruhi interaksi antara manusia dengan teknologi sudah seharusnya dihindari. Namun perkembangan teknologi yang ada juga harus diapresiasi karena telah membantu kehidupan manusia.

Dampak positif perkembangan teknologi :
- Mempermudah manusia untuk berkomunikasi secara global.
- Memudahkan aktivitas manusia dalam melakukan pekerjaan.
- Mempermudah dan mempercepat akses manusia untuk mendapatkan informasi.
- Mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi.


Dampak negatif perkembangan teknologi :
- Adanya cybercrime atau kejahatan pada penggunaan teknologi.
- Tidak adanya penyaringan informasi.
- Menimbulkan sifat malas dan kecanduan dengan teknologi.
- Munculnya plagiarisme atau penjiplakan.




BAB III 

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Manusia merupakan makhluk hidup yang lebih sempurna apabila dibandingkan makhluk hidup lainnya. Akibat dari unsur kehidupan yang ada pada manusia, manusia berkembang dan mengalami perubahan perubahan, baik perubahan dari segi fisiologis maupun perubahan dari segi psikologis. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Kegunaan teknologi dalam Interaksi manusia dapat terjadi di berbagai bidang dalam kehidupan manusia misalnya bidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Perkembangan Interaksi manusia berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Dengan adanya Interaksi manusia dengan teknologi, pekerjaan manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Teknologi yang telah ada saat ini juga dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi dan interaksi manusia. Pada penggunaan teknologi berarti manusia telah berinteraksi dengan teknologi tersebut. Dampak positif dan negatif teknologi sudah seharusnya diketahui agar mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi.

Hubungan interaksi manusia dengan teknologi terjadi secara timbal balik.Teknologi dapat mempengaruhi interaksi manusia begitupun sebaliknnya, interaksi manusia dapat mempengaruhi perkembangan teknologi. Penerapan interaksi manusia dengan teknologi dapat dilihat dari adanya Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

3.2 Saran 

Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan dampak negatif. Interaksi manusia dengan teknologi sebaiknya dilakukan dengan memilah penggunaan teknologi yang ada sehingga manusia mendapatkan manfaat penggunaan teknologi seiring perkembangannya.


DAFTAR PUSTAKA 

1. Teknologi
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

2. Augmented reality
http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah

3. Dampak perkembangan Teknologi 
http://forum.kompas.com/internet/206391-dampak-positif-negatif-perkembangan-teknologi-informasi.html

4. Buku Pengantar Psikologi Umum

0 komentar:

Posting Komentar